Sabtu, 02 April 2016

hakikat kehidupan

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ...
salam ukhuwah kepada para sahabat...

simak sejenak yokk... artikel singkat yang insyaa Allah bermanfaat...

kehidupan di dunia hanyalah ladang untuk beramal dan beribadah kepada Allah, demi meraih panen yang baik di akhirat kelak. dunia adalah tempat beramal dan berkarya, dan akhirat adalah tempat hidup yang sesungguhnya, karena disalah semua usaha manusia dan jin akan mendapatkan balasan yang setimpal. 

dengan demikian, kehidupan dunia sejatinya adalah medan ujian. ujian untuk menentekuan siapa yang taat kepada Allah dan siapa yang durhaka kepada-Nya. ujian untuk menentukan siapa yang bersyukur kepada Allah dan siapa yang kufur kepada nikmat-Nya. ujian untuk mengukur siapa yang lebih baik amal dan takwanya.

Allah telah berfirman :
"Allah menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kalian, siapakah diantara kalian yang paling baik amal perbuatannya." (QS. Al-Mulk : 2)

"Dan Kami menguji mereka dengan nikmat-nikmat yang baik dan bencana-bencana yag buruk, agar mereka kembali kepada kebenaran." (QS. Al-A'rah : 168)

menafsirkan ayat diatas, Imam Ibnu Katsir berkata "Maksudnya adalah, Kami menguji kalian, terkadang dengan berbagai musibah dan terkadang dengan berbagai kenikmatan. Kami akan melihat siapa yang bersyukur dan siapa yang kufur, siapa yang bersabar dam siapa yang putus asa."

Ibnu Abbas berkata "Kami akan menguji kalian dengan kesusahan dan kelapangan, kesehatan dan penyakir, kekayaan dan kemiskinan, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan."

0 komentar:

Posting Komentar