Minggu, 17 April 2016

kekuatan UKHUWAH

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
senyuman ukhuwah ... = ]

ukhuwah... hmmm ngomong-nogomong ukhuwah, apasih ukhuwah itu ?
belum faham kah ? pengen tahu ukhuwah yang sebenarnya itu apa dan gimana ?
ini nih penjelasannya ...

ukhuwah adalah kenyataan naluriyah. setiap manusia secara alami memerlukannya. bagi setiap muslim, batasan ukhuwah bukanlah etnis atau geografis, tetapi batasan saudara yang sesungguhnya ialah aqidah. mereka bersaudara karena Allah, dan mereka bermusuhan juga karena Allah. islam datang bukan untuk etnis tertentu, bukan pula untuk memisah-misahkan manusia kedalam kelompok-kelompok sosial. justru kehadiran islam ialam rahmat bagi semesta alam, dan mempersaudarakan orang-orang yang beriman. oleh karena itu, konsep ukhuwah mesti diletakkan diatas segala kepentingan bangsa, apalagi individu.

karena landasan persaudaraan adalah aqidah, maka ukhuwah bisa kokoh berdiri. namun ukhuwah bukanlah utopia, ia adalah realitas bagi setiap nilai dan iman. jika kenyataan hari ini ukhuwah belum menjadi milik masyarakat bumi, tentu saja yang perlu dikoreksi ialah kebersihan aqidah setiap muslim serta kekuatannya. 

ukhuwah yang telah terjalin dengan kokoh, akan mampu menciptakan sistem amal jama'i yang kondusif bagi keperluan gerak dakwah islam saat ini dan kapan pun. hebatnya tokoh-tokoh tertentu dalam tatanan dakwah menjadi kurang berarti manakala mereka tak mampu berukhuwah dalam pengertian yang sebenarnya. 

kekuatan apapun tidak bisa mengalahkan ukhuwah diantara kaum mu'minin. jalinannya sangat kokoh, sebab terdiri dari tautan hati-hati yang telah beriman kepada Allah. sebaliknya, hilangnya ukhuwah dikalangan kaum muslimin telah nyata berakibat hilang pula kekuatan dan bahkan hilang pula kekhalifahan.

0 komentar:

Posting Komentar