Minggu, 12 April 2015

Enam Alasan Mengapa Kita Beribadah Kepada ALLAH SWT

Enam alasan beribadah kepada Allah.


Assalamu'alaikum Wr.Wb


Beribadah kepada Allah swt. merupakan kunci kemuliaan manusia. Ibadah dilakukan dengan niat yang ikhlas, cara yang benar dan tujuannya untuk mencari ridha Allah.Paling tidak, ada enam alasan mengapa kita harus beribadah kepada Allah swt. di antaranya sebagai berikut.


1. Diciptakan memang untuk ibadah, sebagaimana firman Allah swt.,
”Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”(adz-Dzariyaat: 56)


2. Tanda syukur atas diciptakannya kita oleh Allah swt., sebagaimana firman-Nya,
”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu megingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih.”(Ibrahim: 7)


3. Konsekuensi janji kita kepada Allah swt.
”Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman),’ Bukankah Aku ini Tuhanmu?’ Mereka menjawab,’Betul (Engkau Tuhan kami),kami bersaksi.”(al-A’raaf: 172)


4. Tugas yang harus ditanamkan oleh setiap Rasul kepada umatnya, Allah berfirman,
”Dan sungguh, kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan) ,”Sembahlah Allah, dan jauhilah tagut.”(an-Nahl: 36)


5. Allah satu-satu yang tepat untuk disembah karena Dia Maha Kuasa, sebagaimana firman-Nya,
”Allah menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar- benar meliputi segala sesuatu.”(ath- Thalaaq: 12)


6. Adanya azab Allah di akhirat bagi orang yang tidak mengabdi kepada-Nya, Allah swt. berfirman,
”Aku benar-benar takut akan azab hari yang besar (hari kiamat), jika aku mendurhakai Tuhan-Ku.”(al-An’aam: 15)


Itulah enam alasan mengapa kita harus beribadah kebada Tuhan kita yaitu ALLAH SWT. Semoga bermanfaat dan menambah iman kita untuk beribadah kepada ALLAH SWT. Aamiin.

والله أعلم بالصواب

Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Sumber : Kajian Online WA 203 Ibnu Hamba Allah

2 komentar:

  1. Tulisan yang baik, namun jawapan2 ini hanya untuk Muslim sahaja. Apakah jawapan kita sekiranya yang bertanya adalah orang2 non-muslim? Ini lebih penting, supaya mereka rasa tertarik kepada Islam. Sama juga halnya mengapa kita mesti menyembelih ayam sebelum dimakan.

    BalasHapus