Senin, 29 Agustus 2016

Hikmah Adanya Bala' (Ujian)

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ...
selamat malam sahabat Ukhrowi ... senyuman ukhuwah ... =]

hmm ..... lama ya nggak posting lagi...
okee deh, buat kalian yang menanti postingan terbaru dari Ukhrowi, yook insyaa Allah mulai aktif, jadi mulai bsk, jangan lupa mampir ke blog ini ya ... 

langsung, to the point ...
bahasan kita mengenai hikmah dibalik cobaan atau ujian yang senantiasa Allah berikan kepada kita. bukankah kita selalu bertanya, entah itu hanya sekedar lontaran batin saja atau reflek lafadz ini kalian ucap "Ya Allah..... mengapa Engkau beri aku cobaan seperti ini ? aku serasa tak mampu melaluinya !" lalu, banyak juga orang yang mengatakan "Sabar... pasti ada hikmahnya" 

pertanyaannya adalah ..... untuk kalian yang selalu mencari hikmah dalam setiap persoalan, sudahkah Anda tahu ?

ini jawaban pasti, salah satu hikmah (secara umum) dari setiap ujian kita

"Mungkin engkau mendapat kelebihan karunia dan kebesaran dari Allah pada saat-saat ujian (bala') itu menimpamu, yang tidak bisa engkau dapatkan (kelebihan karunia dan kebesaran Allah) dengan puasa dan shalat"

demikianlah pengertian bahwa bala ujian itu sebagai nikmat batin (yang samar-samar)

"Berbagai macam ujian bala' (serta kekurangan) itu, bagaikan hamparan untuk hidangan pemberian-pemberian karunia Allah"

apabila Allah akan memberi karunia besar kepada seseorang hamba-Nya, tetapi ternyata  dari amal lahiriyahnya tidak mencukupi untuk menerima pemberian itu, maka Allah mengujinya dengan bala', dan disitulah tertebusnya berbagai dosa, kemudian dinaikkan ketingkat yang telah disediakannya itu.

0 komentar:

Posting Komentar